Sunday, July 1, 2012

Adu Penalti? Siapa Takut!


KIEV, KOMPAS.com - Hasil partai final Piala Eropa 2012 antara Spanyol melawan Italia, Minggu atau Senin (2/7/2012) dini hari WIB, bisa saja imbang di waktu normal plus babak perpanjangan waktu. Spanyol yang kemungkinan akan menguasai pertandingan, bakal menghadapi rapatnya barisan belakang Italia. Maka, adu penalti untuk menentukan sang pemenang juga bisa terjadi.

Tidak ada yang membosankan dari drama tos-tosan ini kedua tim ini. Sebab, mereka tim yang memiliki kiper serta penendang papan atas, pun bermental kuat.

Menurut data yang dilansir Transfermarkt, kiper "Gli Azzurri", Gianluigi Buffon, memiliki persentase 25,58 persen menahan tendangan penalti di waktu normal. Sejak mengawali karier, Buffon telah dihadapkan pada 43 hukuman penalti yang 11 di antaranya sukses ia redam.

Sedangkan mental Iker Casillas lebih banyak diuji ketimbang Buffon. Sebanyak 65 hukuman penalti harus dihadapi oleh Casillas di level klub maupun tim nasional. Hasilnya, 15 tembakan atau 23,08 persen tidak berujung gol.

Sejarah juga kadang membantu pemain menebalkan mental bertandingnya. Ini yang dimiliki Spanyol dan Italia jika pertandingan berujung ke babak adu penalti. Spanyol dan Italia memiliki rekor identik pada adu penalti di Piala Eropa. Dari tiga kali laga adu penalti, Spanyol dan Italia sama-sama memenangi dua pertandingan. Uniknya, satu-satunya kekalahan Italia di Piala Eropa lewat drama adu penalti terjadi empat tahun silam di Piala Eropa 2008. Lawan Italia saat itu adalah Spanyol!


Via: Adu Penalti? Siapa Takut!

0 comments:

Post a Comment